Hubungan Tingkat Pemahaman dengan Pencegahan Sikap Tercela dalam Kehidupan Sehari-hari: Studi Kasus Peserta Didik Tingkat SMK, SMA, dan MA di Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.71247/ef2rn712Keywords:
Pemahaman Etika Pelajar, Sikap Moral Peserta Didik, Perilaku Sosial Peserta Didik di Era Digital, Pencegahan Sikap TercelaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pemahaman dan pengamalan sikap tercela di kalangan peserta didik SMK, SMA, dan MA di Jakarta Timur. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik skoring dan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku tercela seperti menggunjing (57%), membagikan berita tanpa klarifikasi (54%), dan mendengarkan pembicaraan orang lain (65%) masih sering terjadi, meskipun perilaku yang lebih serius, seperti menciptakan konflik, jarang dilakukan. Temuan ini menunjukkan adanya kesenjangan antara pemahaman etis dan perilaku siswa dalam interaksi sosial. Pendidikan moral yang lebih terarah dan integratif diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap dampak negatif dari perilaku tercela dan meminimalkan perilaku tersebut. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting untuk mengatasi dampak negatif teknologi komunikasi terhadap perilaku moral remaja dan membentuk lingkungan sosial yang lebih etis dan kondusif.
References
Appelbaum, S. H., Bhardwaj, A., Goodyear, M., Gong, T., Sudha, A. B., & Wei, P. (2022). A Study of Generational Conflicts in the Workplace. European Journal of Business and Management Research, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.2.1311
Arikunto, S. (1983). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. PT. Bina Aksara, Jakarta.
Azwar, S. (2015). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Edisi ke 2. Pustaka Pelajar.
Barkan, R., Ayal, S., Gino, F., & Ariely, D. (2012). The pot calling the kettle black: Distancing response to ethical dissonance. Journal of Experimental Psychology: General, 141(4), 757–773. https://doi.org/10.1037/a0027588
Cooper, J., & Carlsmith, K. M. (2001). Cognitive Dissonance. In N. J. Smelser & P. B. Baltes (Eds.), International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (pp. 2112–2114). Pergamon. https://doi.org/10.1016/B0-08-043076-7/01802-7
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE.
Ellwardt, L. (2019). Gossip and Reputation in Social Networks. In F. Giardini & R. Wittek (Eds.), The Oxford Handbook of Gossip and Reputation (pp. 435–457). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780190494087.013.23
Gibbs, J. C. (2019). “The Good” and Moral Development: Hoffman’s Theory and Its Critics. In J. C. Gibbs (Ed.), Moral Development and Reality: Beyond the Theories of Kohlberg, Hoffman, and Haidt (pp. 111–157). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oso/9780190878214.003.0005
Hewes, D. D. (1975). On effective assertive behavior: A brief note. Behavior Therapy, 6(2), 269–271. https://doi.org/10.1016/S0005-7894(75)80152-3
Luis, E. O., Akrivou, K., Bermejo-Martins, E., Scalzo, G., & Orón, J. V. (2021). The Interprocessual-Self Theory in Support of Human Neuroscience Studies. Frontiers in Psychology, 12, 686–928. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.686928
Majerczak, P., & Strzelecki, A. (2022). Trust, Media Credibility, Social Ties, and the Intention to Share towards Information Verification in an Age of Fake News. Behavioral Sciences, 12(2), 51. https://doi.org/10.3390/bs12020051
Mutia Annur, C. (n.d.). BPS: 88,99% Anak 5 Tahun ke Atas Mengakses Internet untuk Media Sosial | Databoks. Retrieved October 22, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/911fee2b83d9741/bps-8899-anak-5-tahun-ke-atas-mengakses-internet-untuk-media-sosial
Ningsi, F., & Syahraini, A. (n.d.). An Analysis of Hate Speech on Students Interaction and The Impact on Student Motivation | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Retrieved October 22, 2024, from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1306?__cf_chl_tk=P8nrun3XRvOi8zejr34cF5F0qnv5jdmPlcPd3PMxumE-1729656719-1.0.1.1-8lRyjkom9txHAmZGtl_pTlSdDZRIcL.JLMGghD.tEgg
Panggabean, A. D. (n.d.). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024. Rri.Co.Id - Portal Berita Terpercaya. Retrieved October 22, 2024, from https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024
Shannon, H., Bush, K., Villeneuve, P. J., Hellemans, K. G., & Guimond, S. (2022). Problematic Social Media Use in Adolescents and Young Adults: Systematic Review and Meta-analysis. JMIR Mental Health, 9(4), e33450. https://doi.org/10.2196/33450
Sriadhi, S., Gultom, S., Restu, R., Rahim, R., & Simarmata, J. (2018). Internet-based social media and its influence on student behaviour changes. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 434(1), 10356–10363. https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012267
Subu, M. A., Al-Yateem, N., Waluyo, I., Aditaruna, D., Rahman, S. A., Al Marzooqi, A., Dias, J. M., & Ahamed, I. S. (2021). Social Media Use and Physical Activity among Junior High School Students in Indonesia. 2021 IEEE 45th Annual Computers, Software, and Applications Conference (COMPSAC), 1394–1396. https://doi.org/10.1109/COMPSAC51774.2021.00201
Sugiyono. (2001). Statistika untuk penelitian dan aplikasinya dengan SPSS 10.00 for Windows. Penerbit ALFABETA.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Yin, R. K. (2017). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications.
Yu, S., Emigh, M., Santana, E., & Príncipe, J. C. (2017). Autoencoders trained with relevant information: Blending Shannon and Wiener’s perspectives. 2017 IEEE International Conference on Acoustics, Speech and Signal Processing (ICASSP), 6115–6119. https://doi.org/10.1109/ICASSP.2017.7953331
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syarifah Syarifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.