HUBUNGAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN ORGANISASI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI STUDI KORELASI DI MADRASAH TSANAWIYAH JAKARTA PUSAT

Authors

  • Laela Sari Universitas Ibnu Chaldun
  • Agus Kurniadi Universitas Ibnu Chaldun
  • Wiara Dewi Universitas Ibnu Chaldun

Keywords:

Keterlibatan Peserta didik, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keterlibatan peserta didik yang mengikuti organisasi di Madrasah Tsanawiyah Jakarta Pusat, dari hasil observasi dapat di amati kurang nya percaya diri peserta didik dalam semua kegiatan di sekolah oleh karena itu peneliti menarik judul ini. Yang menjadi sampel pada skripsi ini adalah peserta didik yang mengikuti kegiatan organisasi OSIS, PMR dan PRAMUKA di sekolah. Dengan menggunakan model penelitian korelasi mencari hubungan antara variabel (X) keterlibatan Peserta didik dalam kegiatan organisasi dan variabel (Y) kepercayaan diri. Dengan hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan peserta didik dengan kepercayaan diri yang ada di madrasah tsanawiyah Jakarta putusan dengan skor hasil penelitia secara parsial memperoleh thitung 7,939 > ttabel 1,985 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,01 oleh karena itu putusan H1 di terima dan H0 di tolak, penelitian ini terdapat hibngan Positif jika terjadi penambahan 87,2%.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

HUBUNGAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN ORGANISASI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI STUDI KORELASI DI MADRASAH TSANAWIYAH JAKARTA PUSAT. (2024). Muqaddimah: Jurnal Studi Islam, 15(4). https://jurnal.uic.ac.id/muqaddimah/article/view/256