PERAN USTADZ INFLUENCER DALAM PENYEBARAN DAKWAH ISLAM KEPADA GENERASI Z MELALUI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Alwazir Abdusshomad Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.71247/8xzj0c92

Keywords:

Dakwah, Generation Z, Social Media, Ustadz Influencer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dakwah yang dilakukan oleh ustaz yang berperansebagai influencer di media sosial dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai Islamdi kalangan Generasi Z. Seiring dengan kemajuan teknologi, pendekatan dakwah tradisional dianggap kurang sesuai bagi generasi ini, sehingga muncul fenomena ustaz yang menggunakanmedia sosial untuk mendekatkan dakwah kepada anak muda secara lebih interaktif dan menarik. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi literatur, mengumpulkandata dari berbagai sumber untuk memahami peran aspek jangkauan, resonansi, dan relevansi yangditampilkan oleh influencer dalam menarik perhatian Generasi Z terhadap dakwah Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial telah terbukti menjadi sarana yang efektif untukdakwah, terutama dalam menjangkau Generasi Z di Indonesia yang aktif di platformseperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Ustaz influencer, seperti Hanan Attaki, Felix Siauw, danAdi Hidayat, menggunakan pendekatan yang kreatif, relevan, dan didukung dalil untuk menyampaikanpesan agama. Hal ini berdampak pada meningkatnya interaksi audiens, seperti jumlah likes dan komentar, serta bertambahnya frekuensi ibadah. Namun, dakwah digital memiliki keterbatasan, seperti kurangnya komunikasi langsung, sehingga perlu dikombinasikan denganmetodetradisional. Penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah digital berhasil meningkatkan religiusitasGenerasi Z sesuai dengan tujuan penelitian.

References

Ab Halim, N. (2024). Scrolling with Belief: Understanding the Millennial Generation’s Perception of Religious Knowledge on Social Media. UMRAN - International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 11(2), 1–16. https://doi.org/10.11113/umran2024.11n2.711

Amir Hamzah. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Literasi Nusantara Abadi.

Arifin, F. (2022). Revitalizing Millennial Spirituality within Social Media at the Hijrah Shift Youth Community in Bandung City. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 16(1), 2548–9496. https://doi.org/10.24090.komunika.v16i1.4758

Cinndy Mutia Annur. (2020). Berapa Usia Mayoritas Pengguna Media Sosial di Indonesia? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/berapa-usia-mayoritas-pengguna-media-sosial-di-indonesia

Lestari, N., Raden, U., & Palembang, F. (2024). OPTIMALISASI DAKWAH DI ERA MODERN MELALUI MEDIA SOSIAL. Qawwam: The Leader Writing, 5(1), 35–42.

Lestari, P. P. (2020). Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah, 21(1), 41–58. https://doi.org/10.14421/jd.2112020.1

Lundqvist, K., & Oster, K. (2009). Facebook faith-social networking in a faith based community. 180 Degree Symposium. www.reading.ac.uk/centaur

Luthfi, M., Kholil, S., Lubis, L., & Tamrin Sikumbang, A. (2022). The Utilization of Religious Content in Social Media for the Alteration Adolescent’s Islamic Behaviour. Dialogia, 20(2), 460–481. https://doi.org/10.21154/dialogia.v20i2.4838

Maulana, I., Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.823

Maulida, D. A., & Annisa, N. (2023). Analisis Pengaruh Konten Dakwah Di Sosial Media Terhadap Kejiwaan Gen-Z. Religion: Jurnal Agama, Sosial …, 1(2023), 1062–1072.

Minarti, M., Norhidayati Rahmah, M., Khalilurrahman, K., Samsir, S., & Mardiana, M. (2023). Utilization of social media in Learning Islamic Religion: Its Impact on Strengthening Student Outcomes and Achievements. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 279–291. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i2.3930

Pratama, Y. (2023). Sampaikan Ilmu Dariku Walau Satu Ayat. Muslim.or.Id. https://muslim.or.id/6409-sampaikan-ilmu-dariku-walau-satu-ayat.html

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Purnama, Dr. S. (2021). Pembentukan karakter anak dalam konsep. 8(1), 50–66.

Purqan, A., & Dewi, D. (2023). MANAJEMEN DAKWAH DIGITAL DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA ( Studi Kasus di Komunitas Pendakwah Keren Sulawsi Tengah ). MANAJEMEN DAKWAH DIGITAL DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA, 0, 412–417.

Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). Tasâmuh, 18(1), 54–78.

Weny Maulida Nabila, Silmi Fadhilatunnisa, Muhammad Irgi Alamsyah, & Meity Suryandari. (2023). Pengaruh Konten Dakwah Terhadap Gen Z dan Milenial (Generasi Muda). ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 09–21. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.145

Widiana, A., Iu Rusliana, & Busro, B. (2024). The Role of Social Media in the Religiosity of Islamic Adolescents Through a Descriptive Qualitative Approach. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.51590/waraqat.v9i1.795

Yulia Agustina, I., Amalia Hidayat, N., & Novianti, F. (2024). The Existence of Gus Iqdam’s Dakwah In the Spiritual Preferences of The Young Generation. International Conference on Muslim Society and Thought, 268–280. https://doi.org/10.15642/ICMUST.2024.4.1679

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

PERAN USTADZ INFLUENCER DALAM PENYEBARAN DAKWAH ISLAM KEPADA GENERASI Z MELALUI MEDIA SOSIAL. (2024). Muqaddimah: Jurnal Studi Islam, 15(5), 63-75. https://doi.org/10.71247/8xzj0c92