PERAN USTADZ INFLUENCER DALAM PENYEBARAN DAKWAH ISLAM KEPADA GENERASI Z MELALUI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.71247/8xzj0c92Keywords:
Dakwah, Generation Z, Social Media, Ustadz InfluencerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dakwah yang dilakukan oleh ustaz yang berperansebagai influencer di media sosial dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai Islamdi kalangan Generasi Z. Seiring dengan kemajuan teknologi, pendekatan dakwah tradisional dianggap kurang sesuai bagi generasi ini, sehingga muncul fenomena ustaz yang menggunakanmedia sosial untuk mendekatkan dakwah kepada anak muda secara lebih interaktif dan menarik. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi literatur, mengumpulkandata dari berbagai sumber untuk memahami peran aspek jangkauan, resonansi, dan relevansi yangditampilkan oleh influencer dalam menarik perhatian Generasi Z terhadap dakwah Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial telah terbukti menjadi sarana yang efektif untukdakwah, terutama dalam menjangkau Generasi Z di Indonesia yang aktif di platformseperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Ustaz influencer, seperti Hanan Attaki, Felix Siauw, danAdi Hidayat, menggunakan pendekatan yang kreatif, relevan, dan didukung dalil untuk menyampaikanpesan agama. Hal ini berdampak pada meningkatnya interaksi audiens, seperti jumlah likes dan komentar, serta bertambahnya frekuensi ibadah. Namun, dakwah digital memiliki keterbatasan, seperti kurangnya komunikasi langsung, sehingga perlu dikombinasikan denganmetodetradisional. Penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah digital berhasil meningkatkan religiusitasGenerasi Z sesuai dengan tujuan penelitian.
References
Ab Halim, N. (2024). Scrolling with Belief: Understanding the Millennial Generation’s Perception of Religious Knowledge on Social Media. UMRAN - International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 11(2), 1–16. https://doi.org/10.11113/umran2024.11n2.711
Amir Hamzah. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Literasi Nusantara Abadi.
Arifin, F. (2022). Revitalizing Millennial Spirituality within Social Media at the Hijrah Shift Youth Community in Bandung City. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 16(1), 2548–9496. https://doi.org/10.24090.komunika.v16i1.4758
Cinndy Mutia Annur. (2020). Berapa Usia Mayoritas Pengguna Media Sosial di Indonesia? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/berapa-usia-mayoritas-pengguna-media-sosial-di-indonesia
Lestari, N., Raden, U., & Palembang, F. (2024). OPTIMALISASI DAKWAH DI ERA MODERN MELALUI MEDIA SOSIAL. Qawwam: The Leader Writing, 5(1), 35–42.
Lestari, P. P. (2020). Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah, 21(1), 41–58. https://doi.org/10.14421/jd.2112020.1
Lundqvist, K., & Oster, K. (2009). Facebook faith-social networking in a faith based community. 180 Degree Symposium. www.reading.ac.uk/centaur
Luthfi, M., Kholil, S., Lubis, L., & Tamrin Sikumbang, A. (2022). The Utilization of Religious Content in Social Media for the Alteration Adolescent’s Islamic Behaviour. Dialogia, 20(2), 460–481. https://doi.org/10.21154/dialogia.v20i2.4838
Maulana, I., Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.823
Maulida, D. A., & Annisa, N. (2023). Analisis Pengaruh Konten Dakwah Di Sosial Media Terhadap Kejiwaan Gen-Z. Religion: Jurnal Agama, Sosial …, 1(2023), 1062–1072.
Minarti, M., Norhidayati Rahmah, M., Khalilurrahman, K., Samsir, S., & Mardiana, M. (2023). Utilization of social media in Learning Islamic Religion: Its Impact on Strengthening Student Outcomes and Achievements. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 279–291. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i2.3930
Pratama, Y. (2023). Sampaikan Ilmu Dariku Walau Satu Ayat. Muslim.or.Id. https://muslim.or.id/6409-sampaikan-ilmu-dariku-walau-satu-ayat.html
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Purnama, Dr. S. (2021). Pembentukan karakter anak dalam konsep. 8(1), 50–66.
Purqan, A., & Dewi, D. (2023). MANAJEMEN DAKWAH DIGITAL DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA ( Studi Kasus di Komunitas Pendakwah Keren Sulawsi Tengah ). MANAJEMEN DAKWAH DIGITAL DALAM MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA, 0, 412–417.
Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). Tasâmuh, 18(1), 54–78.
Weny Maulida Nabila, Silmi Fadhilatunnisa, Muhammad Irgi Alamsyah, & Meity Suryandari. (2023). Pengaruh Konten Dakwah Terhadap Gen Z dan Milenial (Generasi Muda). ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 09–21. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.145
Widiana, A., Iu Rusliana, & Busro, B. (2024). The Role of Social Media in the Religiosity of Islamic Adolescents Through a Descriptive Qualitative Approach. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.51590/waraqat.v9i1.795
Yulia Agustina, I., Amalia Hidayat, N., & Novianti, F. (2024). The Existence of Gus Iqdam’s Dakwah In the Spiritual Preferences of The Young Generation. International Conference on Muslim Society and Thought, 268–280. https://doi.org/10.15642/ICMUST.2024.4.1679
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alwazir Abdusshomad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.