PARADIGMA PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED EDUCATION)

Main Article Content

Hasinggahan Lubis

Abstract

Seluruh kegiatan Pendidikan yang berkembang saat ini pada dasarnya memiliki sasaran yakni melibatkan Seluruh komponen pendidikan termasuk masyarakat. Akan tetapi, dalam kenyataannya justru masyarakat kurang mendapat tempat yang layak sebagai subjek yang berperan penting dalam setiap kebiajakan pendidikan. Lebih lagi, masyarakat banyak dijadikan objek dan alat untuk merauk keuntungan belaka. Padahal, sumbangan masyarakat begitu jelas dan nyata dalam mendukung upaya-upaya tujuan pendidikan secara menyeluruh. Atas dasar itu, perlu dikembangkan paradigma pendidikan yang berbasis pada masyarakat. sebuah Paradigma Pendidikan yang akan menyatukan kembali antara lembaga pendidikan secara formal dengan kehidupan nyata masyarakat secara informal. Dengan demikian pendidikan formal dan informal bukan hanya cerita, melainkan menjadi kenyataan yang utuh. Dengan demikian, akan tercipta masyarakat belajar (learning society).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PARADIGMA PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED EDUCATION). (2019). Muqaddimah, 14(3), 1-20. https://jurnal.uic.ac.id/muqaddimah/article/view/1
Section
Articles

How to Cite

PARADIGMA PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED EDUCATION). (2019). Muqaddimah, 14(3), 1-20. https://jurnal.uic.ac.id/muqaddimah/article/view/1

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.