Bullying dalam Perspektif Islam: Studi Tafsir Al Munir, Jalalain dan Al-Mishbah terhadap Surat Al-Hujurat Ayat 11

Authors

  • Retna Dwi Estuningtyas Universitas Ibnu Chaldun
  • Kristopo
  • Farida

DOI:

https://doi.org/10.71247/4r5c6n93

Keywords:

Bullying, Epistimologi Islam, Tafsir Al-Munir, Tafsir Jalalain, Tafsir Al-Mishbah, Qur'an, Surah Al-Hujurat

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengeksplorasi pandangan Al-Qur'an terkait fenomena bullying melalui analisis Surat Al-Hujurat Ayat 11, dengan fokus pada tiga tafsir terkemuka: Tafsir Al-Munir oleh Wahbah Al-Zuhayli, Tafsir Jalalain, dan Tafsir Al-Mishbah oleh Quraish Shihab. Untuk metodologi penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, penelitian ini menganalisis teks-teks tafsir untuk mengidentifikasi makna dan interpretasi ayat dalam konteks sosial modern. Analisis isi digunakan untuk mengkaji tema-tema utama dalam penafsiran ayat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga tafsir ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran Surat Al-Hujurat Ayat 11 sebagai landasan teologis dalam menanggapi perilaku merendahkan dan menghina orang lain, yang dapat dikaitkan dengan fenomena bullying. Tafsir Al-Munir menekankan aspek keadilan sosial, sementara Tafsir Al-Mishbah menyoroti pentingnya menjaga harmoni sosial, dan Tafsir Jalalain memberikan penekanan kuat pada tanggung jawab moral untuk menjaga kehormatan sesama. Implikasi penafsiran ini sangat signifikan dalam membentuk sikap dan tindakan umat Islam terhadap bullying, baik dalam konteks individu maupun komunitas. Tafsir ini menyediakan landasan etika yang jelas untuk menolak perilaku merendahkan, relevan dalam pendidikan untuk membentuk karakter inklusif, dan memperkuat argumen teologis dalam melawan bullying. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa Islam menyediakan kerangka moral dan spiritual yang komprehensif untuk mencegah dan merespons bullying, serta mendorong terciptanya masyarakat yang lebih adil dan bermartabat.

References

al-Mahalli, J. as-Suyuti dan jalaluddin. (tt). Tafsir al-Qur’an al-Adzim Imam Jalalain. Syirkah Piramida.

al-Qazwīnī, A. I. F. (1999). Mu’jam Maqayis al-Lughah. Dar al-Jil.

Arseneault, L. (2017). The Long‐Term Impact of Bullying Victimization on Mental Health. World Psychiatry, 16(1), 27–28. https://doi.org/10.1002/wps.20399

az-Zuhaili, W. (2021). Tafsir al-Munir Jilid 13: Aqidah, Syariah, Manhaj (Juz 25-26 Fushshilat - Qaaf).

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE.

Fadl, K. A. E. (2014). Reasoning with God: Reclaiming Shari‘ah in the Modern Age. Rowman & Littlefield.

Firmansyah, D., & Suryana, A. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak: Kajian Tafsir Surat Al Hujurat Ayat 11-13. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i2.538

Gini, G., & Pozzoli, T. (2009). Association Between Bullying and Psychosomatic Problems: A Meta Analysis. Pediatrics, 123(3), 1059–1065. https://doi.org/10.1542/peds.2008-1215

Hafidz, H., Dannur, M., & Fauzan. (2023). Strengthening Students’ Self-Control Through Islamic Religious Education Learning In Preventing Bullying. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 15, 316–329. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i2.1245

Krippendorff, K. (2013). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. SAGE.

Laabdi, M. (2015). The Sharī‘a and Islamic Criminal Justice in Time of war and Peace: By M. Cherif Bassiouni (Cambridge: Cambridge University Press, 2014. 405 pages.). American Journal of Islam and Society, 32(2), 107–110. https://doi.org/10.35632/ajis.v32i2.974

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moore, S., Pacella, R., Suetani, S., Thomas, H., Sly, P., & Scott, J. (2017). Consequences of bullying victimization in childhood and adolescence: A systematic review and meta-analysis. World Journal of Psychiatry, 7, 60. https://doi.org/10.5498/wjp.v7.i1.60

Munawwir, A. W. (1997). al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia Terlengkap. Pustaka Progressif.

Penyempurnaan Terjemahan Al-Qur’an, T. (2019). Al-Qur’an dan terjemahannya. Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI.

Puspitasari, A. W. & Muh.Nashirudin. (2022). Term “Perempuan” dalam Al-Qur’an (Tinjauan Study Pustaka). Rayah Al-Islam, 6(2), 97–119. https://doi.org/10.37274/rais.v6i2.542

Safaat, R. A. (2023). Tindakan Bullying di Lingkungan Sekolah yang Dilakukan Para Remaja. Jurnal Global Ilmiah, 1(2), 97–100. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i2.13

Saleem, S. M., & Jan, S. S. (2022). Islam, Ethics and Modern Medicine: From Theory to Medical Practice: A Narrative Review. Millah: Journal of Religious Studies, 465–490. https://doi.org/10.20885/millah.vol21.iss2.art6

Shihab, M. Q. (2007). Tafsir al Mishbah Jilid 13. Lentera hati.

Sigurdson, J., Undheim, A., Wallander, J., Lydersen, S., & Sund, A. (2015). The Long-Term Effects of Being Bullied or a Bully in Adolescence on Externalizing and Internalizing Mental Health Problems in Adulthood. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 9. https://doi.org/10.1186/s13034-015-0075-2

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta.

Syakur, A., Muid, A., Hakim, L., & Mubarok, M. K. (2022). The Concept of Multicultural Islamic Educational Values in Higher Education. 7(2).

UNESCO. (2017). School violence and bullying: Global status report. UNESCO. https://doi.org/10.54675/POIV1573

Zych, I., Farrington, D. P., & Ttofi, M. M. (2019). Protective Factors Against Bullying and Cyberbullying: A Systematic Review of Meta-Analyses. Aggression and Violent Behavior, 45, 4–19. https://doi.org/10.1016/j.avb.2018.06.008

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Bullying dalam Perspektif Islam: Studi Tafsir Al Munir, Jalalain dan Al-Mishbah terhadap Surat Al-Hujurat Ayat 11. (2024). Muqaddimah: Jurnal Studi Islam, 15(5), 47-62. https://doi.org/10.71247/4r5c6n93