PEMBINAAN UMKM MELALUI PENGELOLAAN BISNIS MARKETPLACE

Authors

  • Dio Rizqi Irawan Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta
  • Masitaria Aci Danibao Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta
  • Tia Aprilia Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta
  • Retna Dwi Estuningtyas Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta
  • Irsyaf Marsal Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta
  • Indah Suwarni Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta

Keywords:

Handphone, Elektronik, Aplikasi

Abstract

Pada era ini, banyak perusahaan besar maupun kecil yang sudah menggunakan aplikasi marketplace, seperti toko-toko yang ada di mall yang sudah beroperasi secara offline. Metode pembinaan ini menggunakan metode Asset Based Community Deplopment (ABCD). Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaku usaha UMKM dalam memanfaatkan marketplace berbasis handphone untuk meningkatkan daya saing usahanya. Dan juga agar masyarakat memperoleh pengetahuan tentang marketplace, serta memanfaatkan fitur pada marketplace, dalam mengembangkan area pemasaran secara online dan menjaga konsisten maupun kualitas produk, dan juga akan membantu bisnis untuk berkembang di marketplace berbasis handphone. Menurut Kotler dan Amstrong “ banyak perusahaan mulai beralih ke pemasaran online melalui handphone karena dapat memadai anggaran biaya pemasaran . Dan bagi perusahaan dengan anggaran yang sedikit ini dapat menggunakan saluran pemasaran online yang tidak berbayar seperti media sosial Instagram, Facebook, dan marketplace”. Untuk mengedukasi masyarakat mengenai kegiatan pengelolaan bisnis secara online, tim pengabdian masyarakat melakukan seminar Pembinaan Umkm Melalui Pengelolaan Bisnis Marketplace dengan materi yang berisi tentang marketplace, e-commerce, dan revolusi industry 4.0. Dengan harapan agar dapat menambah penjualan masyarakat, serta memaksimalkan pemasaran produk atau jasa dari usaha masyarakat melalui marketplace online

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

PEMBINAAN UMKM MELALUI PENGELOLAAN BISNIS MARKETPLACE. (2023). Al-Musyarakah: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2). https://jurnal.uic.ac.id/Al-Musyarakah/article/view/210