PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PENDEKATAN KULIAH TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN DAN PENGUASAAN KONSEP DASAR EKOLOGI

  • Suhardin Suhardin
  • Eko Purnomo
Keywords: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Pendekatan Ceramah, Kepedulian Lingkungan, Penguasaan Konsep Dasar Ekologi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL) strategi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan pembelajaran dan pendekatan ceramah dengan kepedulian lingkungan pada penguasaan konsep dasar ekologi. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Almuttaqien Bogor menggunakan desain 2X2 yang melibatkan 36 siswa yang dipilih dengan menggunakan purposive random sampling. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa: 1. Tidak ada perbedaan penguasaan konsep dasar ekologi antara siswa yang memperoleh strategi pembelajaran pendekatan pembelajaran kontekstual (PBL) contextual learning learning (CTL) dan pendekatan ceramah (LCT), 2 Ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran pembelajaran berbasis promblem (PBL) dan kepedulian lingkungan terhadap penguasaan konsep dasar siswa ekologi, 3. Siswa dengan lingkungan yang tinggi tentang penguasaan konsep dasar ekologi yang diperlakukan dengan pembelajaran berbasis promblem (PBL) strategi pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) lebih tinggi daripada siswa yang memiliki strategi pembelajaran pendekatan Pembelajaran Pramuka (PBL) ceramah (LCT), 4. Siswa dengan kepedulian lingkungan lebih rendah tentang penguasaan konsep dasar ekologi yang diperlakukan dengan Strategi pembelajaran pendekatan pembelajaran berbasis prombbl (PBL) pembelajaran pembelajaran kontekstual (CTL) tidak lebih tinggi daripada siswa yang memiliki l strategi penghasilan pembelajaran berbasis promblem (PBL) approach lecture (LCT).

Published
2019-04-06