ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BIMBINGAN BELAJAR (Studi kasus YAYASAN AN-NAML KEMAYORAN JAKARTA PUSAT)
Keywords:
Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan kepuasaan konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen bimbingan belajar studi kasus yayasan an – naml kemayoran jakarta pusat, menggunakan 5 variabel yaitu produk, harga, lokasi promosi, dan kepuasan konsumen. Adapun sampel penelitian ini ditetapkan menggunakan rumus Slovin yang dimana dari jumlah populasi sebanyak 50 orang menjadi 44 orang sampel. Data tersebut kemudian diuji kualitas datanya dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas. Setelah dilakukan pengujian kualitas data kemudian diuji menggunakan uji asumsi klasik regresi berganda. Adapun pengujian asumsi klasik yang digunakan terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastistas. Kemudian data dianalisis menggunakan uji koefisien determinasi, uji parsial (t) dan uji simultan (f).Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk dengan nilai 0,007 dan promosi dengan nilai 0,028 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan harga dengan nilai 0,104 dan lokasi dengan nilai 0,140 memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan Produk, Harga, Lokasi, Promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Yayasan An - Naml Kemayoran Jakarta Pusat. nilai sig diketahui. adalah nilai 0,000 sig. 0,000 < 0,05 dan nilai F adalah Fhitung 17,327 > 3,23, sehingga hipotesis diterima.