PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA DI PAUD AL-HIDAYAH PERTIWI
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Kualitas Layanan, Keputusan Pelanggan, PAUD IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui pengaruh variabel strategi pemasaran dan kualitas layanan terhadap keputusan orang tua siswa. Dalam penelitian ini dimensi-dimensi strategi pemasaran meliputi produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik. Dimensi-dimensi kualitas layanan meliputi keandalan, responsivitas, keyakinan, empati dan berwujud. Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda diolah menggunakan SPSS for windows versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh variabel strategi pemasaran dan kualitas layanan terhadap keputusan orang tua siswa. Secara parsial variabel strategi pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua siswa di PAUD Al Hidayah Pertiwi. Sedangkan variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua siswa di PAUD Al Hidayah Pertiwi.