KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS BAGI PASIEN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS PEMBANTU KELURAHAN TANAH TINGGI KECAMATAN JOHAR BARU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

Authors

  • Nur Yunianto Universitas Ibnu Chaldun
  • Yusuf Mulyana Universitas Ibnu Chaldun

Keywords:

Pelayanan, Pasien, Kesehatan, Peserta, BPJS

Abstract

Kesehatan merupakan hak setiap manusia tanpa memandang status dan kesehatan merupakan salah satu hak asasi manusia yang dimiliki oleh setiap manusia. Puskesmas Pembantu Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat merupakan Unit Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama . Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga Negara Indonesia . “ KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS PEMBANTU KELURAHAN TANAH TINGGI KECAMATAN JOHAR BARU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT ” merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat diwilayah Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat. Untuk itu pemerintah Negara Indonesia membentuk lembaga yaitu BPJS Kesehatan yang bertugas untuk menjamin kesehatan masyarakat. namun dalam pelaksanaan program BPJS tersebut masih terdapat berbagai kendala maupun hambatan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan bagi pasien peserta BPJS Kesehatan. Puskesmas Pembantu Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat sudah melakukan kewajiban sebagai fasilitas kesehatan terhadap pasien peserta BPJS. Seperti, Pemberian pelayanan sudah sesuai Standar Operasional yang berlaku,kenyamanan pelayanan yang sudah baik walaupun masih terdapat kekurangan yang bersifat hal teknis, dan ketersediaan pelayanan dirasa sudah memenenuhi dan sudah baik. Hal tersebut dibuktikan sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Pembantu Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat sudah cukup baik dan sesuai dengan fungsinya. Pemenuhan hak pasien BPJS di Puskesmas Pembantu Kelurahan Tanah tinggi Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat merupakan hal yang penting. Untuk itu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan, mulai dari faktor yang mempengaruhi pelayanan meliputi ketersediaan ruangan, faktor kedisiplinan, faktor sarana dan prasarana, dan faktor kemampuan dan keterampilan adalah faktor yang terakhir dalam pemenuhan hak terhadap pasien.

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS BAGI PASIEN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS PEMBANTU KELURAHAN TANAH TINGGI KECAMATAN JOHAR BARU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT. (2025). Perspektif : Kajian Kepemerintahan & Kesejahteraan Sosial, 7(01). https://jurnal.uic.ac.id/perspektif/article/view/398