KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN JOHAR BARU JAKARTA PUSAT

Authors

  • Erwin Haslam Universitas Ibnu Chaldun
  • Mila Nia Isnaeni Universitas Ibnu Chaldun

Keywords:

kualitas pelayanan, administrasi kependudukan, kepuasan masyarakat, pelayanan publik, Kecamatan Johar Baru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Kualitas pelayanan administrasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap layanan administrasi kependudukan, seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Akta Kelahiran. Penelitian ini mengggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi aspek-aspek pelayanann yang berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Data di kumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pegawai pelayanann administrasi dan pengguna layanan, serta observasi langsung terhadap peroses pelayanan. Analisis ini dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pelayanan administrasi kependudukan serta faktor faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa meskipun terdapat beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, masih ada tantangan yang perlu diatasi. Aspek fisik fasilitas pelayanna, seperti kondisi ruang tunggu dan akses informasi, mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan. Selain itu, kemampuan pegawai dalam memberikan layanan sesuai dengan komitmen, pengetahuan tentang prosedur, dan kemampuan komunikasi juga merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan pengguna layanan

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN JOHAR BARU JAKARTA PUSAT. (2025). Perspektif : Kajian Kepemerintahan & Kesejahteraan Sosial, 7(01). https://jurnal.uic.ac.id/perspektif/article/view/394