ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BIMBINGAN BELAJAR (Studi kasus YAYASAN AN-NAML KEMAYORAN JAKARTA PUSAT)

  • Nyi Ani Suryani Universitas Ibnu Chaldun
  • Yudo Kisworo Universitas Ibnu Chaldun
  • Ernawati Ernawati Universitas Ibnu Chaldun
Keywords: Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan kepuasaan konsumen

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  bauran  pemasaran  terhadap  kepuasan  konsumen  bimbingan  belajar  studi  kasus  yayasan an – naml  kemayoran  jakarta  pusat, menggunakan 5 variabel  yaitu  produk, harga, lokasi  promosi, dan kepuasan konsumen. Adapun sampel penelitian ini ditetapkan menggunakan rumus Slovin yang dimana dari jumlah populasi sebanyak 50 orang menjadi 44 orang sampel. Data tersebut kemudian diuji kualitas datanya dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas. Setelah dilakukan  pengujian  kualitas data kemudian diuji  menggunakan uji asumsi klasik  regresi  berganda. Adapun  pengujian asumsi klasik yang digunakan terdiri dari  uji  normalitas, uji  multikolonieritas  dan  uji  heteroskedastistas. Kemudian data dianalisis menggunakan uji koefisien determinasi, uji parsial (t) dan uji simultan (f).Teknik analisis data yang digunakan  adalah  deskriptif  kuantitatif dengan  menggunakan  program  IBM SPSS 26. Hasil  penelitian  ini  menunjukan bahwa  produk dengan nilai 0,007 dan  promosi dengan nilai 0,028 memiliki  pengaruh  positif dan  signifikan  terhadap  kepuasan  konsumen  sedangkan  harga dengan nilai 0,104 dan lokasi dengan nilai 0,140  memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan Produk, Harga, Lokasi, Promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Yayasan An - Naml Kemayoran Jakarta Pusat. nilai sig diketahui. adalah nilai 0,000 sig. 0,000 < 0,05 dan nilai F adalah Fhitung 17,327 > 3,23, sehingga hipotesis diterima.

Published
2022-05-09