Dengan memanjatkan puji serta syukur kepada Allah swt., Jurnal Perspektif: Kajian Kepemerintahan & Kesejahteraan Sosial hadir di hadapan pembaca budiman. Jurnal ilmiah ini merupakan bagian dari penyebaran hasil penelitian, pengkajian, dan berbagai inovasi  yang  dilakukan  oleh  civitas  akademik  yang kemudian  diterbitkan  secara berkala.

Pada edisi Vol. 1 No. 1, Desember 2018 ini disuguhkan enam tulisan. Artikel pertama berjudul “Analisis Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/Puu-Xvi/2018 Tentang Uji Materi Undang-Undang Pemilihan Umum (Studi Kasus Panitia Pemilihan Kecamatan Ciracas)” yang ditulis oleh Don Gusti Rao   menjabarkan pentingnya melibatkan masyarakat dalam upaya menciptakan  pemilu yang adil. Selanjutnya, Irsyaf Marsal menyampaikan mengenai berbagai bentuk tata perundangan di Indonesia melalui artikelnya   yang   berjudul   “Hierarki   dan   Tata   Urutan   Perundang-Undangan   Di Indonesia”.  LMK  sebagai     salah  satu     organisasi  kemasyarakatan  membuktikan perannya dalam kerukunan warga dijabarkan  melalui artikel yang ditulis oleh Rizal dan Mohammad Siddiq dengan judul “Peran Lembaga Musyawarah Kelurahan Dalam Mendukung Tugas Pokok Dan Fungsi Rukun Warga”. Artikel lainnya yang  berjudul “Implementasi Kebijakan Peraturan Gubernur Nomor 164 Tahun 2016 tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap (Studi Kasus Di Jalan Thamrin Sampai Jalan Jenderal Sudirman)” ditulis oleh Didin Asyari Muhtadin, Dahri Zaenal dan Wiara Dewi Anggraeni menjelaskan   mengenai pentingnya penanggulangan kemacetan di ibukota. Selain itu, Muhammad Rohim Hidayatullah  mengungkapkan perkembangan demokrasi  melalui tulisannya yang berjudul “Demokrasi dan Pluralisme Abdurrahman  Wahid  Terhadap Etnis Minoritas Tionghoa  Di  Indonesia”.  Jurnal ini kemudian ditutup dengan artikel yang berjudul “Fungsi Badan Usaha Milik Desa (Studi Pada Bumdes Cinangsi Karya Madani Desa Cinangsi Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur)” yang ditulis oleh Sandi Rahmat dan Agus Kurniadi.

Selamat membaca.

Published: 2020-02-25

Articles

  • Don Gusti Rao, Irsyaf Marsal, Rizal Rizal, Mohammad Siddiq, Didin Asyari Muhtadin, Dahri Zaenal, Wiara Dewi Anggraeni, Muhammad Rohim Hidayatullah, Sandi Rahmat, Agus Kurniadi