Gaya Komunikasi Kepala Toko Dengan Karyawan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Indomaret (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Indomaret Ciputat Raya 1)
DOI:
https://doi.org/10.71247/p9mp0785Kata Kunci:
Gaya Komunikasi; Aspek gaya Kmunikasi; Kepala Toko; Karyawan; Kualitas PelayananAbstrak
Gaya Komunikasi dari seorang pimpinan sangat penting untuk diketahui untuk dapat mengerti maksud dan tujuan dari pimpinan kepada bawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi yang digunakan kepala toko terhadap karyawan indomaret Ciputat Raya 1 yang akan dilihat dari satu aspek gaya komunikasi friendly style, tiga jenis gaya komunikasi controling style, structuring style, dan equalitarian style. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif, dimana pada metode ini bertujuan mendapatkan pemahaman terhadap kebenarannya di lapanngan dari perspektif atsan dan bawahan, teknik pengumpulan pada penelitian ini menggunakan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah sebelas orang, terdiri dari satu orang kepala toko, tiga orang karyawan. Subjek penelitian ini adalah gaya komunikasi yang diadaptasi dari menggunakan Steward L. Tubbs dan Sylvia Moss dan aspek gaya komunikasi ydari Allen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat gaya komunikasi yang diterapkan kepala toko yaitu aspek gaya komunikasi friendly style memiliki empati yang tinggi dan memiliki sifat kesetaraan, jenis gaya komunikasi the equalitarian style terlihat dari ciri-ciri komunikasi terjadi secara dua arah, terbuka, penyaluran informasi baik, menerima ide dan gagasan. The structuring style terlihat dari ciri-ciri adil, mengikuti struktur, memantapkan tujuan perusahaan. The structuring style terlihat dari ciri-ciri menggunakan saat penggunaanya dibutuhkan karna keadaan yang tidak memungkunan untuk bertemu langsung dengan karyawan.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ranti Irna Saputri1, Drs Hasiholan Siagian, M.I.Kom

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.