Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen pada Rumah Makan Khas Maluku Dapur Fizzul Ceger Jakarta Timur

Penulis

  • Hasiholan Siagian Universitas Ibnu Chaldun
  • Juleha Wattimena Universitas Ibnu Chaldun

DOI:

https://doi.org/10.71247/5x0hb937

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Inovasi Produk, Loyalitas Konsumen, Komunikasi Pemasaran, Makanan Khas Maluku

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen pada Rumah Makan Khas Maluku Dapur Fizzul Ceger Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen dari Rumah Makan Khas Maluku Dapur Fizzul Ceger Jakarta Timur termasuk ke dalam populasi konsumen tetap (pelanggan). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan penarikan sampel sebanyak 60 responden yang sudah mewakili dari keseluruhan konsumen. Dengan teknik pengolahan data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y), hasil ini menunjukan bahwa semakin tinggi kualitas produk maka semakin tinggi juga loyalitas konsumen. Variabel inovasi produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y), hasil ini menunjukan semakin tinggi inovasi produk maka semakin tinggi juga loyalitas konsumen. Artinya semakin tinggi kualitas produk dan inovasi produk maka semakin tinggi juga loyalitas konsumen, dan sebaliknya semakin rendah kualitas produk dan inovasi produk maka semakin rendah juga loyalitas konsumen.

Diterbitkan

2025-02-05