Pengaruh Penyebaran Informasi Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.71247/hdg9jh18Kata Kunci:
Informasi, Perubahan Perilaku, Media SosialAbstrak
Ditengah perkembangan media sosial khususnya TikTok pastinya akan membuka mata kita terhadap dunia bahwa lahirnya interaksi baru dapat melahirkan sisi positif maupun sisi negatif. TikTok merupakan contoh media sosial serta laman video musik. Masyarakat menggunakan Tiktok untuk mmepublikasikan beragam kegiataan serta kreatifitas dari pengguna. Sebagai sebuah aplikasi, TikTok memiliki dampak positif dan negatif atas perubahan tingkah laku penggunanya. Studi kuantitatif tersebut mempunyai tujuan guna mengidentifikasi seberapa besar pengaruh pemanfaatan aplikasi TikTok atas perubahan tingkah laku khususnya Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta. penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner guna memperoleh informasi yang valid serta menyeluruh tentang persoalan dalam studi ini. Strategi penulisan yakni purposive sampling, oleh sebab itu penulisan melaksanakan kriteria sedari awal guna menetapkan sample. Hasil studi ini menunjukkan bahwasanya pengguna aplikasi TikTok khususnya Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldu Jakarta cukup berpengaruh. Pemanfaatan aplikasi TikTok selaku media guna memperoleh hiburan dan ada dampak akan perubahan tingkah laku seorang mahasiswa ditinjau dari berbagai tingkah laku diantaranya: Sosial, pengetahuan dan gaya hidup. Kesimpulannya adalah segala perkembangan media sosial mempunyai dampak yang baik atau buruk yang dipengaruhi oleh cara penggunaannya. Tingkah laku dan pola pikir seorang mahasiswa bisa berubah atau tidak tergantung dari seorang mahasiswa itu sendiri.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Riska Ramdani, Annisa Sidqi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.