STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENUNJANG PELAYANAN PUBLIK KOMISI PENYIARAN INDONESIA (STUDI KASUS KPI PUSAT)

Penulis

  • Hidayati Artarini Universitas Ibnu Chaldun
  • Firna Tihurua Universitas Ibnu Chaldun

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi Organisasi, Pelayanan Publik KPI Pusat

Abstrak

Penelitian ini berjudul ”Strategi Komunikasi Organisasi dalam menunjang Pelayanan Publik Komisi Penyiaran Indonesia (Studi Kasus KPI Pusat)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi organisasi dalam menunjang pelayanan publik di komisi penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau menjelaskan peranan, upaya, dan aktivitas yang dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia KPI Pusat. Dalam hal ini berdasarkan apa yang didengarkan secara fakta yang ada di lapangan. Subjek penelitian adalah komisioner, parktisi komunikasi dan masyarakat. Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan teknik wawancara serta menggunakan interprestasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yang dilakukan dengan cara sampling, informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, dimana semua informan merupakan pimpinan dan juga masyarakat laur di KPI Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi organisasi dalam menunjang pelayanan publik. KPI terfokus pada pelayanan publik yang sebagai lembaga yang independen yang besar dengan segala informasi yang memuaskan masyarakat.

Diterbitkan

2024-08-01