STRATEGI KOMUNIKASI DIRECT SELLING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN PENYEWAAN KIOS-RUKO (Studi Kasus PT. Surya Mustika Candra, Periode Mei - Juli 2023)

Penulis

  • Jersey Innocento Universitas Ibnu Chaldun
  • Zakiyah Chaidir Universitas Ibnu Chaldun

Kata Kunci:

Komunikasi direct selling, Strategi Penjualan Langsung, Komunikasi Penjualan Langsung, Properti, Kios-ruko dan Ruko

Abstrak

Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi dalam direct selling yang diterapkan untuk meningkatkan penjualan dan penyewaan kios-ruko di sebuah pusat perbelanjaan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana strategi komunikasi digunakan oleh para pelaku direct selling dalam mempengaruhi keputusan pembelian dan penyewaan kiosruko oleh calon pedagang. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, melibatkan wawancara mendalam dengan sepuluh pelaku direct selling yang berpengalaman. Analisis tematik mengungkapkan bahwa para pelaku direct selling mengadopsi pendekatan komunikasi personal yang fokus pada pendekatan relasional dengan calon pembeli dan penyewa kios-ruko. Strategi komunikasi ini melibatkan pendekatan persuasif, pendekatan edukatif tentang manfaat penyewaan kios-ruko, serta pendekatan pemberian informasi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan interpersonal yang dibangun melalui komunikasi personal memainkan peran kunci dalam membangun kepercayaan dan merangsang keputusan pembelian dan penyewaan kios-ruko dari PT. Surya Mustika Candra.

Diterbitkan

2024-08-01