Penerapan Strategi Komunikasi Pada Organisasi Unaids Indonesia dalam Menghapus Stigma Negatif Terhadap Odha (Orang Dengan HIV/AIDS)
DOI:
https://doi.org/10.71247/vqdtra16Keywords:
Humas, Komunikasi Internal, Strategi Komunikasi, Keterlibatan Karyawan, PT Kemas Indah MajuAbstract
HIV/AIDS masih menjadi isu kesehatan global yang disertai dengan tingginya stigma terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Stigma ini menyebabkan ODHA enggan mengakses layanan kesehatan dan menarik diri dari lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi yang digunakan oleh UNAIDS Indonesia dalam upaya mengurangi stigma terhadap ODHA di masyarakat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang memungkinkan peneliti menggali makna dan pengalaman sosial melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diharapkan memberikan pemahaman mendalam mengenai efektivitas strategi komunikasi organisasi dalam membentuk opini publik yang inklusif, serta sebagai rujukan dalam penyusunan kampanye komunikasi yang lebih tepat sasaran. Strategi komunikasi UNAIDS Indonesia dinilai berperan penting dalam mendobrak hambatan informasi dan membangun kesadaran masyarakat terhadap isu HIV/AIDS secara lebih humanis dan partisipatif.
Published
Versions
- 2025-08-05 (2)
- 2025-04-09 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Denisa Putrirahmah, Rambang Basari, S.I.Kom, M.I.Kom, MM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.