ANALISA PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING PLATFORM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEREDAM ISU NEGATIF & PENINGKATAN REPUTASI PERUSAHAAN

Authors

  • Jersey Innocento Universitas Ibnu Chaldun

Keywords:

Digital Marketing, Website,MobileApps, Social Media, Facebook, Instagram, Google Analytic, Citra Perusahaan, Sentimen Negatif & Positif, Social Media Engagement, Profit Perusahaan, Metode Triangulasi, Digital Marketing, Website, MobileApps, Social Media, Facebook, Instagram, Google Analytic, Corporate Image, Sentimen Negatif & Positif, Social Media Engagement, Company Profit, Triangulation Methods

Abstract

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis survei penetrasi dan perilaku pengguna internet tahun 2021-2022. Disebutkan jumlah pengguna internet mencapai 210,03 juta jiwa sepanjang tahun lalu. Menurut penelitian yang dilakukan “We Are Social”, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite, ratarata orang Indonesia menghabiskan 3 jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial. Dari laporan berjudul "Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World" yang diterbitkan tanggal 30 Januari 2018, dari total populasi Indonesia sebanyak 265,4 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 130 juta dengan penetrasi 49 persen. Pertumbuhan pengguna internet tersebut membuat semua industri memaksimalkan digital sebagai salah satu media marketing yang diharapkan dapat memberikan citra positif bagi perusahaannya sehingga brand dan produk yang dipromosikan bisa lebih terekspos dan dikenal oleh audience, sehingga ujung dari harapan perusahaan tersebut bisa mendapatkan keuntungan baik secara kualitas dan kuantitas. Namun seiring berjalan penggunaan digital media yang semakin marak, perlu bagi perusahaan untuk melakukan strategi marketingnya agar tidak salah menggunakan media digital dan biaya yang digunakan untuk media digital tidak terbuang percuma serta masih banyak faktor lain yang perlu menjadi perhatian semua departemen dalam perusahaan dan untuk mempermudah penelitian tersebut, peneliti akan menggunakan metode triangulasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

The Indonesian Internet Service Providers Association (APJII) released a survey of the penetration and behavior of internet users in 2021-2022. It was said that the number of internet users reached 210.03 million people over the past year. According to research by "We Are Social", a British media company that works with Hoot-suite, the average Indonesian spends 3 hours 23 minutes a day accessing social media. From a report entitled "Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around the World" published on January 30, 2018, of Indonesia's total population of 265.4 million, active social media users reached 130 million with penetration of 49 percent. The growth of internet users has made all industries maximize digital as one of the marketing media that is expected to provide a positive image for their companies so that the brands and products promoted can be more exposed and known by the audience so that the ends of the company's expectations can benefit both in quality and quantity. But as the use of digital media becomes more widespread, companies must carry out their marketing strategies so as not to use digital media incorrectly and the costs used for digital media are not wasted there are many other factors that need to be of concern to all departments in the company and to facilitate research The researcher will use the triangulation method to get the best results.

Downloads

Published

2023-06-01