EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENGUASAAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT SAMUDRA BERSAMA PROPERTINDO)

Authors

  • Mustaqim Universitas Ibnu Chaldun
  • Melinda Endarti Universitas Ibnu Chaldun

Keywords:

Komunikasi, Strategi Pemasaran, Bisnis Properti, Penguasaan Produk, Sales Marketing, Kepercayaan Konsumen

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal menjadikan peluang usaha yang sangat diminati oleh para pembisnis properti. Pada peluang usaha properti ini tidak hanya fokus pada membangun rumah dan menjualnya saja tetapi banyak hal yang perlu diperhatikan seperti kualitas bangunan, bahan atau material yang digunakan untuk dipakai dalam pembangunan perumahan, serta lokasi letak perumahan tersebut cukup strategis atau tidak. Bisnis properti adalah bisnis yang berhubungan dengan pembelian, penjualan, dan perawatan tanah, bangunan, dan properti lainnya. Bisnis ini dapat dibagi menjadi beberapa sektor, termasuk pengembangan tanah, konstruksi, perumahan, perhotelan, dan real estate komersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan jumlah minat konsumen untuk membeli di PT. Samudra Bersama Propertindo dari segi penguasaan sales marketing tersebut dan untuk mengetahui pemahaman sales marketing PT. Samudra Bersama Propertindo terhadap produk yang akan dijual. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder yang dikumpulkan dari literature, bacaan, buku-buku dan jurnal peneliti terdahulu yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penguasaan materi produk yang baik oleh sales marketing berkontribusi signifikan terhadap meningkatnya kepercayaan konsumen. Kedua, penguasaan materi produk dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi sales marketing. Ketiga, bukti dan referensi yang disediakan oleh sales marketing yang menguasai materi produk juga memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen.

Downloads

Published

2024-01-31